Azmi D., Ilhamdi (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK YPT PANGKALAN SUSU TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321017 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM 5123321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 5123321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. NIM. 5123321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
5. NIM. 5123321017 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
6. NIM. 5123321017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
7. NIM. 5123321017 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
8. NIM. 5123321017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 5123321017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
13. NIM. 5123321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
14. NIM. 5123321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilaksankan yaitu: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan minat masuk pendidikan kejuruan terhadap hasil belajar menggambar teknik. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar menggambar teknik. (3) Untuk mengetahui besarnya hubungan minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar menggambar teknik. Populasi peneltian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK YPT Pangkalan Susu yang berjumlah 80 orang dan jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik sampling proposional (proportional sampling) yang berjumlah 66 orang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif korelasional, data dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dari pearson, dan regresi liniear ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara minat masuk pendidikan kejuruan terhadap hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi (r = 0,411) dengan level signifikasi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan koefisien korelasi (r = 0,313) dengan level singnifikasi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan yang positif dan berarti antar minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar menggambar teknik dengan keberartian korelasi ganda (Fhitung) yaitu 8,237. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar praktek menggambar teknik. Artinya hasil belajar praktek menggambar teknik dipengaruhui oleh faktor minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional. Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan kreativitas belajar minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional untuk meningkatkan hasil belajar praktek menggambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MSN-101 |
Keywords: | Minat Masuk Pendidikan Kejuruan; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Praktek Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:16 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39469 |