Purba, Chatarina M.S. (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4153121009 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2.NIM. 4153121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3.NIM. 4153121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4.NIM. 4153121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5.NIM. 4153121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
9.NIM. 4153121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13.NIM. 4153121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14.NIM. 4153121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan simulasi komputer dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Teladan Medan T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 196 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 44 orang dan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay berbasis masalah yang terdiri dari 10 soal yang mengukur berpikir kritis dan 5 soal berpikir kreatif. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji manova
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 36,25 dan kelas kontrol 38,93. Rata - rata posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 74,45 dan kelas kontrol 53,95. Rata-rata pretest keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen dan kontrol adalah 24,05 dan 19,00. Rata-rata posttest keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 67,18 dan kelas kontrol 34,30. Berdasarkan uji manova diperoleh sig untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 0,00 dan untuk berpikir kreatif sebesar 0,00. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh sig < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL menggunakan simulasi komputer terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Hasil uji N-gain keterampilan berpikir kritis menunjukkan persentase peningkatan berpikir kritis kelas eksperimen 58% dan kelas kontrol 28%. Hasil persentase peningkatan N-gain keterampilan berpikir kreatif diperoleh kelas eksperimen 57% dan kelas kontrol 18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 136 |
Keywords: | Berpikir kritis; Berpikir kreatif; Problem based learning; Simulasi komputer; Adobe flash; Alat optik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 05:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39464 |