Ningsih, Ayu Muthia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4142121001 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2 NIM. 4142121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3 NIM. 4142121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (965kB) | Preview
4 NIM. 4142121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5 NIM. 4142121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
9 NIM. 4142121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13 NIM. 4142121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 NIM. 4142121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Pantai Cermin T.P. 2018/2019” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung.
Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MS1 dan kelas kontrol X MS2 yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 45,19 dan 42,78, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1463 < 0,1718) untuk kelas eksperimen dan 0,1241 < 0,1610 untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < F (1,22 < 2,248) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postest kelas eksperimen adalah 79,81 dan kelas kontrol 63,52. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,35 dan ttabel = 2,4 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pantai Cermim T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 187 |
Keywords: | Quasi eksperimen; Discovery learning; Usaha; Energi; Daya; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 05:07 |
Last Modified: | 27 Jun 2020 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39463 |