Nuraini (2012) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP TINGKAT KREATIVITAS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA SMP DI AEK KANOPAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 0809725013 Judul.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
2. 0809725013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
3. 0809725013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. 0809725013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. 0809725013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
6. 0809725013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7. 0809725013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. 0809725013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
9. 0809725013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 0809725013 Bab V.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
11. 0809725013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (1) pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap kreativitas matematika. (2) pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (3) pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap sikap siswa. (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kreativitas. (5) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa SMP Negeri 1 Kualuh Hulu yang terakreditasi B. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif. (2) tes kemampuan pemecahan masalah, dengan pokok bahasan Prisma dan Limas dan (3) angket sikap siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan hasil proses pembelajaran siswa dengan pendekatan open-ended. Analisis inferensial data dilakukan dengan Analisis Kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh peneapan pendekatan open-ended terhadap kreativitas matematika (2) terdapat pengaruh peneapan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.(3) terdapat pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap sikap siswa.(4) Tidak terdapat Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa terhadap kreativitas. (5) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan pendekatan open-ended menjadi alternatif pembelajaran guna meningkatkan kreativitas, pemecahan masalah matematika dan sikap siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nur p |
Keywords: | Kreativitas; Sikap siswa; Rencana pembelajaran; Pendekatan open-ended; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3946 |