Nababan, Ronny Sanjaya (2019) ANALISIS KESULITAN GURU MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMK OTOMOTIF DI KABUPATEN TAPANULI UTARA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143321019 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 5143321019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
3. NIM. 5143321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 5143321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM. 5143321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 5143321019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM. 5143321019 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. NIM. 5143321019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 5143321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 5143321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 5143321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan guru mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMK Otomotif Di Kabupaten Tapanuli Utara; dan (2) mengetahui dimensi (perencanaan, pelaksanaan dan penilaian otentik) apa yang paling menyulitkan guru pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dalam proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Otomotif Di Kabupaten Tapanuli Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek penelitian guru-guru SMK Otomotif pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Uji validitas menggunakan validitasi dimana para ahli diminta untuk mengamati secara cermat semua item dalam tes yang hendak di validasi.Kemudian mereka di minta untuk mengoreksi item-item yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru dalam melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian otentik pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori cukup sulit. (2)dimensi yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Tapanuli Utara adalah dimensi perencanaan dan dimensi penilaian otentik; dan (3) guru berlatar belakang pendidikan swasta dan guru non PNS lebih kesulitan dalam melakukan tahapan perencanaan dan pelaksanaan dalam Kurikulum 2013. Guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 selama empat semester lebih kesulitan dalam melakukan tahapan pelaksanaan dan penilaian secara otentik. Sedangkan, guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 selama dua semester lebih kesulitan dalam dimensi perencanaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MSN-090 |
Keywords: | Kesulitan Guru, Implementasi, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001 Transportation engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 04:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39459 |