Sumbayak, Jon Putra (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X SMK N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5151121012 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 5151121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 5151121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 5151121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 5151121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM. 5151121012 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 5151121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
8. NIM. 5151121012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 5151121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
13. NIM. 5151121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 5151121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur mekanik presisi untuk berbagai jenis pekerjaan di kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan jumlah populasi 30 siswa. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Alat Ukur Mekanik Presisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (30%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71,67 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 25 siswa (83,33%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (16,67%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,5 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke post test siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur mekanik presisi untuk berbagai jenis pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MSN-092 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 02:46 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39454 |