Aritonang, Hotma Taruli (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141121010 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 5141121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM 5141121010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM 5141121010 PREPACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 5141121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 5141121010 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 5141121010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 5141121010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 5141121010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
13. NIM 5141121010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 5141121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesini Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 54%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 16 siswa dan nilai rata-rata kelas sebesar 67. Pada siklus II meningkat menjadi 83%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 25 siswa dan nilai rata-rata kelas mencapai 77. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning telah mencapai tingkat ketuntasan sebesar 80 %. Maka model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-MSN-087 |
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 02:37 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39453 |