Gultom, Melita (2019) Pembelajaran Ansambel Musik Tiup Pada Siswa Tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Tanjung Morawa Sumatera Utara. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2141140029 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 2141140029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM. 2141140029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2141140029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 2141140029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 2141140029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2141140029 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2141140029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
12. NIM. 2141140029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 2141140029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Peneltian ini merupakan Pemebelajaran Ansambel Musik Tiup Pada Siswa Tunanetra Tanjung Morawa Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pemebelajaran ansambel musik tiup pada siswa tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Tanjung Morawa Sumatera Utara, untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan pada siswa tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Tanjung Morawa Sumatera Utara, untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran ansambel musik tiup pada siswa tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Tanjung Morawa Sumatera Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran, metode pembelajaran, hasil belajar, ansambel, musik tiup dan tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang meliputi beberapa aspek: Pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Tunanetra (YAPENTRA) Tanjung Morawa Sumatera berlokasi di Jalan Raya (Jalinsum) Medan-Lubuk Pakam, km. 21,5. Dusun III Desa Tanjung Baru, Kec. Tanjung Morawa 20362, Ujung serdang, Sumatera Utara. Waktu Penelitian ini dilaksanakan bulan April 2019 hingga Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kls XI dan guru yang terdiri dari 20 orang siswa dan 1 orang guru pengajar serta 1 orang kepala sekolah . Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI SLB yang berjumlah 6 orang dan 1 orang guru. Setelah menganalisis keseluruhan data, maka dapat diktahui bahwa proses pembelajaran ansambel musik tiup pada siswa tunanetra diawali dengan guru memperkenalkan alat musik tiup dan bagian-bagian dari alat musik tiup, setelah itu mereka mulai belajar bagaimana meniup alat musik tiup, dan dilanjutkan dengan belajar tangga nada F Mayor. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode Ceramah, Demonstrasi, Latihan, Metode Tugas dan Resitasi. Hasil belajar yang diperoleh siswa adalah hasil belajar dari kemampuan mereka dalam mengikuti ujian tulis dan ujian praktek dalam penilaian Penilaian yang dilakukan berdasarkan penilaian kognitif dan psikomotorik bahwa siswa berhasil dalam mengikuti pembelajaran ansambel musik tiup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Ansambel Musik Tiup; Tunanetra |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 13:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 13:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39392 |