PENGARUH KEMAMPUAN AWAL SISWA, SIKAP BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MEDAN

Darari, Muhammad Badzlan (2012) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL SISWA, SIKAP BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 0809715013 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 0809715013 Judul.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 2. 0809715013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 0809715013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (938kB) | Preview
[thumbnail of 3. 0809715013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 0809715013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4. 0809715013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 0809715013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. 0809715013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 0809715013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. 0809715013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 0809715013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 7. 0809715013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 0809715013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 8. 0809715013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 0809715013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. 0809715013 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 0809715013 Bab I.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of 10. 0809715013 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 0809715013 Bab V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 11. 0809715013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 0809715013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. (2) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memiliki sikap positif terhadap matematika dan siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matematika. (3) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (4) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran yang digunakan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. (5) Bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa pada topik aritmetika sosial melalui pembelajaran berdasarkan masalah. (6) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan masalah, dan (7) Bagaimana proses penyelesaian masalah siswa oleh siswa yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas tiap sekolah, dimana penelitian dilakukan di 2 sekolah. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika (2) angket sikap (3) angket respon. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan persentase pencapaian skor siswa pada pembelajaran berdasarkan masalah dan konvensional. Analisis inferensial data dilakukan dengan Uji-t, Mann-Whitney, Kruskal-Wallis, dan Uji Friedman. Hasil penelitian ini adalah (1) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. (2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki sikap belajar positif dan negatif. (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran yang digunakan siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. (5) Siswa yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah memiliki presentase ketuntasan belajar yang tinggi. (6) Siswa merespon positif pembelajaran berdasarkan masalah. (7) Proses penyelesaian masalah oleh siswa yang menggunakan PBM lebih baik dan bervariasi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensionalBerdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran matematika dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Dar p
Keywords: Matematika; Sikap belajar; Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran berdasarkan masalah; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 May 2016 16:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item
View Item