Sitanggang, Ahmadin (2012) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188830003 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 071188830003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 071188830003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. 071188830003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 071188830003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. 071188830003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. 071188830003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. 071188830003 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. 071188830003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
10. 071188830003 Bab I.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
11. 071188830003 Bab V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
12. 071188830003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensioal, (2) Untuk mengetahui apakah kreativitas matematika siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan matematika realistik (PMR) lebih baik dari kreativitas matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP 30 Medan Kelas VIII. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-7 (kelas eksperimen) sebanyak 45 siswa, kelas yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistic dan siswa kelas VIII-1 sebanyak 45 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kreativitas matematika. Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA dan ANAVA.Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional, (2) Kreativitas matematika siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Peneliti menyarankan : 1) pendekatan matematika realistik menjadi alternatif di kelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika siswa;2) peneliti selanjutnya dapat mengadaptasi langkah-langkah dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit s |
Keywords: | Kreativitas; Pendekatan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Pendekatan konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 15:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3936 |