Hutapea, Lydia Putri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL T.A.2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143311020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM. 4143311020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4143311020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 4143311020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 4143311020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 4143311020 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 4143311020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
13. NIM. 4143311020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 4143311020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatiftipeSTAD dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 SMP Negeri 36 dengan jumlah siswa 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual pada materi Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2018/2019.
Hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa ≥85% secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 21 siswa (70%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 2,72 atau mendapat nilai 68. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, kemampuan pemecahan masalah siswa ≥85% secara klasikal telah tercapai yaitu 26 siswa (86,7%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 3,25 atau mendapat nilai 81. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 11,07%.
Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata – rata 2,41 baik di siklus I menjadi 3,18 baik di siklus II.
Karena kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah sehingga pelaksanaan tindakan berhenti. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendenkatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII-4 SMP Negeri 36 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 100 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran kontekstual; Model pembelajaran; Aritmatika sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 May 2020 14:38 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39340 |