Fatma, Husna (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123311015 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. 4123311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. 4123311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. 4123311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. 4123311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. 4123311015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. 4123311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. 4123311015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. 4123311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. 4123311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. 4123311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dikelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 27 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah.
Berdasarkan analisis data, di peroleh bahwa langkah-langkah pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada langkah memahami masalah meningkat dari 80,21 (80,21%) dengan tingkat kemampuan tinggi menjadi 94,17 (94,17%) dengan tingkat kemampuan sangat tinggi. Pada langkah merencanakan pemecahan masalah meningkat dari 63,13 (63,13%) dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 81,77 (81,77%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Pada langkah menyelesaikan pemecahan masalah meningkat dari 61,56 (61,56%) dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 80,42 (80,42%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Pada langkah memeriksa kembali meningkat dari 70,21 (70,21%) dengan tingkat kemampuan sedang menjadi 84,79 (84,79%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat di simpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Bangun Datar dikelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, khususnya materi bangun datar segiempat dan perlu juga di uji coba untuk materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 120 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematika; Think pair share; Bangun datar; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 14:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39314 |