Tarigan, Fauziah Rafika Husna (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311014 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123311014_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM 4123311014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4123311014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 4123311014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 4123311014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4123311014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4123311014_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4123311014_BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM 4123311014_ BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM 4123311014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Think-Pair-Share (TPS) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2018/2019 yang berjumlah 35 orang siswa.
Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 12 dari 35 siswa (34,28%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 64,33. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (65,71%) atau ada 23 dari 35 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 70. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (80%) atau ada 28 dari 40 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 80,29.
Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 127 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Kubus; Balok; Volume; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 14:25 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39313 |