Ritonga, Eka Nuraini Sari (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123311012 JUDUL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. 4123311012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. 4123311012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. 4123311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. 4123311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 4123311012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. 4123311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 4123311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. 4123311012 BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. 4123311012 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. 4123311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana Strategi penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Batang kuis, (2) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis, (3) mengetahui bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat di kelas VII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 34,37%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap indikator pada siklus I : Pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 2,625 (kategori sedang), pada aspek
menggambar skor rata-rata siswa 2,95 (kategori sedang). Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,29 (kategori sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi
peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 2,9 (kategori sedang), Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 2,9 (kategori sedang), Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,5 (kategori randah).
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada materi bilangan bulat di kelas VII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 138 |
Keywords: | Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Think talk write; Bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 13:30 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39310 |