Malinda, Siti Dwi (2019) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman untuk Siwa Kelas XI SMK Telkom 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111054 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2151111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 2151111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 2151111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 2151111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 2151111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 2151111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2151111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 2151111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM. 2151111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap bajan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman untuk siswa kelas XI SMK Telkom 2 Medan, (2) Mendeskripsikan hasil dari kelayakan validasi (ahli materi dan ahli desain) dalam bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman untuk siswa kelas XI SMK Telkom 2 Medan. Penelitian ini menggunakan sampel menggunakana sampel 36 peserta didik dengan metode Research and Development (R&D) yang membantu proses pengembangan bahan ajar, Instrumen yang digunakan adalah angket check list, pada validasi tim ahli materi, ahli desain, dan guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman Untuk Siwa Kelas XI SMK Telkom 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian tim ahli materi yang memperoleh skor 93,48% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Hasil dari penilaian tim ahli desain memperoleh skor 86,15% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kelayakan kegrafikan bahan ajar. dan hasil penilaian dari materi selaku guru bidang studi memperoleh skor 92,1% yang dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. dan diperkuat dari hasil uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 78,14% dan uji coba kelompok besar dengan skor 86,7% yang dapat dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pada pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Teks Eksplanasi; Berbasis Pengalaman Metode Research and Development (R&D) |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 May 2020 01:37 |
Last Modified: | 13 May 2020 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39231 |