Bangun, Ester (2019) Analisis Kesalahan Fungsi SPOK Dalam Teks Narasi Siswa Kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2133111024 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM. 2133111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
3. NIM. 2133111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2133111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 2133111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. NIM. 2133111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 2133111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 2133111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
12. NIM. 2133111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 2133111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan pada teks narasi siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 148 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 2 yang terdiri dari 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu siswa ditugaskan menulis teks narasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang melakukan kesalahan pada fungsi subjek sebanyak 30,55%, fungsi predikat sebanyak 27,7%, fungsi subjek dan predikat sebanyak 25%, fungsi objek sebanyak 33%, fungsi pelengkap sebanyak 0%, dan fungsi keterangan sebanyak 5,5%%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa kesalahan penggunaan unsur fungsional kalimat siswa kelas X MIA 2 SMA Bina Bangsa Tiga Juhar tidak begitu banyak. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti diantaranya : (1) Guru diharapkan melakukan evaluasi proses pembelajaran dengan saksama agar keterampilan siswa lebih baik khsususnya dalam keterampilan menulis dan memberikan bimbingan dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa., (2) Siswa diharapkan untuk selalu belajar menulis dan memahami dengan sungguh-sungguh dalam keterampilan menulis khususnya mengenai unsur fungsional kalimat, (3) Perlu dilakukan penelitian lanjut oleh peneliti lain guna memberi masukan yang konstruktif bagi dunia pendidikan khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan memperhatikan unsur fungsional kalimat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fungsi SPOK; Teks Narasi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 06 May 2020 16:32 |
Last Modified: | 06 May 2020 16:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39188 |