Damanik, Ayu Wahyuni (2019) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111002 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 2153111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM. 2153111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 2153111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 2153111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 2153111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2153111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2153111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2153111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 2153111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 2153111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya sebanyak 245 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X IPS 1 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 4 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Group Post-test Desing. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif Esai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 63,28, standar deviasi 10,16, dan standar error sebesar 1,74 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,42, standar devisi 8,41, dan standard error sebesar 1,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis siswa pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan menulis siswa pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan dengan tabel t taraf siginifikan 5% dengan df=N-1=35-1=34 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04. Karena diperoleh lebih besar dari yaitu 5,84>2,04, maka hipotesis nihil ( ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homongen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Modelling The Way efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi Siswa Kelas X SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Model Pembelajaran Modelling The Way; Kemampuan Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 05 May 2020 00:22 |
Last Modified: | 05 May 2020 00:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39180 |