Anailsis Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019

Chairani, Tyas (2019) Anailsis Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2153111045 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2153111045 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2153111045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2153111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2153111045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2153111045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2153111045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2153111045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2153111045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2153111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM, 2153111045 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM, 2153111045 TABLES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2153111045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2153111045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 2153111045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 2153111045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2153111045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2153111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa pada kondisi dan tingkat tertentu tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perlakuatau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan. Menekankan pentingnya penguasaan guru tentang tata bahasa, karena dari rumusan tujuan pembelajaran itulah dapat tergambarkan konsep dan proses berfikir guru yang bersangkutan dan menuangkan idenya tentang pembelajaran. Dengan menggunakan format ABCD kita dapat melihat bagaiamana proses belajar yang tengah berlangsung apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP, melihat bagaimana kemampuan siswa detelaah menilai pembelajaran dan bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung siswa saling bekerja sama dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di
rencanakan sebelumnya oleh guru khususnya pada bidang pelajaran Bahasa Indonesia.Adapun Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam
RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data dari penelitian ini diambil dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru Bahasa Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan SMP Negeri 1 Stabat Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan format ABCD sebesar 9,83% dan sebesar 90% tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format ABCD dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran format ABCD belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yanga ada di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru Bahasa Indonesia.Tujuan pembelajaran
yang sesuai dengan format ABC sebesar menjadi 99% dan hanya 1% tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format ABC. Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan format AB sebesa 1,09%, dan tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format AB sebesar 89,91% . Data di atas menunjukan bahwa tujuan pembelajaran format ABCD belum sesuai sepenuhnya dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang digunakan oleh guru Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tujuan Pembelajaran; Format ABCD; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Apr 2020 05:10
Last Modified: 30 Apr 2020 05:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39155

Actions (login required)

View Item
View Item