Lubis, Ruli Anhar (2019) Efektivitas Media Wattpad dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Manduamas Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111050 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2151111050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM 2151111050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM 2151111050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 2151111050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM 2151111050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2151111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2151111050 BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
12. NIM 2151111050 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 2151111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manduamas tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 140 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian ini
ditentukan secara acak kelas (random sampling).Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes cerpen dalam bentuk penugasan menulis teks cerpen. Teknik analisis data menggunakan uji beda atau uji-t pada taraf Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan menulis teks cerpen kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan media wattpad diperoleh rata-rata nilai 79,42
dengan standar deviasi sebesar 10,05 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung = 0,0802. Pada daftar uji Liliefors dengan taraf nyata = 0,05 dan N = 35, maka diperoleh Ltabel = 0,1478. Hal ini berarti Lhitung<Ltabel (0,0802<0,1478) sehingga dapat ditarik kesimpulan
bahwa populasi berdistribusi normal. Sedangkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas kontrol setelah diajarkan tanpa menggunakan media wattpad diperoleh rata-rata nilai sebesar 66,14 dengan standar deviasi sebesar 9,49 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung = 0,1411. Pada daftar uji Liliefors dengan taraf nyata = 0,05 dan N = 35, maka diperoleh Ltabel = 0,1478. Hal ini berarti Lhitung<Ltabel (0,1411<0,1478) sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa populasi berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ujit. diperoleh Pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,dari uji-t didapat nilait0= 7,296, dengan α = 0,05 dan n = 35, serta dari daftar nilai-nilai t didapat ttabel = 0,1478.
Karena t0> ttabelatau 7,296>0,1478, maka hipotesisi nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya bahwa media aplikasi wattpad efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelasVIII SMP Negeri 1 Manduamas tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Wattpad;Menulis Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 06:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39148 |