Pandiangan, Ronauli (2019) Efektivitas Model Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111034 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM 2152111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
3. NIM 2152111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM 2152111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 2152111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 2152111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 2152111034 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 2152111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 2152111034 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 2152111034 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM 2152111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Inside Outside Circle terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa Kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang menggunakan model inside outside circle kemudian mengetahui efektivitasnya dari hasil belajar atau prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 174 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Teknik pengambilan
sampel adalah random sampling. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes essay membuat sebuah teks biografi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa model inside outside circle lebih efektif digunakan dalam menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven. Dalam hal ini diperoleh rata-rata nilai di kelas kontrol 64,6 dan standar deviasi 16,80, sedangkan rata-rata nilai di kelas eksperimen adalah 77,4
dan standar deviasi 16,39. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan
bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dalam hal ini diperoleh = 2,94. Selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf siginifikan 5% = 2,04, sehingga ˃ yakni 2,94 ˃ 2,04. Maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan
hipotesis alternatif ( ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan model inside outside circle lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks
biografi siswa kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; model inside outside circle; menulis teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 06:50 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39147 |