Dalimunthe, M. Wahyudi (2019) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Pembelajaran Teks Persuasif Kelas VIII SMP Negeri 1 Pandan Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2123311045 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2123311045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM. 2123311045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2123311045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 2123311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 2123311045 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2123311045 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2123311045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
12.NIM. 2123311045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13.NIM. 2123311045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran teks persuasif yang dilaksanakan oleh guru kelas VIII SMP Negeri 1 Pandan Tapanuli Tengah tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman observasi berbentuk tabel yang berisi langkah-langkah model pembelajaran Quantum Teaching, maka peneliti yang akan menentukan proses analisis dampak penerapan model pembelajaran Quantum Teaching yang dilakukan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Pandan Tapanuli Tengah. Sedangkan objek penelitian ini adalah situasi sosial pada saat guru menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran teks persuasif di salah satu kelas VIII SMP Negeri 1 Pandan Tapanuli Tengah. Langkah-langkah model pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran Quantum Teaching yang dilaksanakan guru adalah mulai dari tahapan Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran teks persuasif yang dilaksanakan oleh guru kelas VIII SMP Negeri 1 Pandan Tapanuli Tengah tahun pembelajaran 2018/2019 mencapai skor 90 yang dapat dikategorikan dalam predikat sangat baik sesuai dengan rubrik penilaian penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching; Teks Persuasif; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 05:14 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39136 |