Manurung, Sondang R. and Mihardi, Satria and Rustaman, Nuryani Y. and Siregar, N. (2018) IMPROVEMENT OF GRAPH INTERPRETATION ABILITY USING HYPERTEXT-ASSISTED KINEMATIC LEARNING AND FORMAL THINKING ABILITY. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14 (01). pp. 1-6. ISSN 1693-1246
Reviewer.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Sumbit accepted.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran kinematik berbantuan media hypertext dalam meningkatkan kemampuan interpretasi grafik diselidiki dalam makalah ini. Selain itu, kemampuan menggabungkan kemampuan berpikir formal dalam pembelajaran terbukti secara empiris dapat meningkatkan kemampuan interpretasi grafik calon mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah the one-group pretest-posttest experimental design. Sampel penelitian terdiri dari 36 mahasiswa Program Pendidikan Fisika di salah satu lembaga pendidikan guru di Medan. Tes yang digunakan terdiri dari tes kemampuan interpretasi grafik dalam topik kinematika dan Tes Berpikir Logis (TOLT atau berpikir formal) sebelum belajar dan tes kemampuan interpretasi grafik sebelum dan setelah belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS dengan metode Analisys
of Variance (ANOVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpretasi grafik secara
signifikan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kinematik berbantuan media hypertext.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Graph ability; Hypertext instructional media; Kinematics; Learning assisted; Formal thinking ability |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 13:15 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39131 |