Hakikih, Indah (2019) Efektivitas Penggunaan Media Stop Motion Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Secara Tulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111026 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 2151111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM 2151111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM 2151111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM 2151111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM 2151111026 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 2151111026 TABLE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 2151111026 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM 2151111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM 2151111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
14. NIM 2151111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menceritakan kembali teks biografi secara tulis sebelum menggunakan media Stop Motion. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui keterampilan menceritakan kembali teks biografi secara tulis setelah menggunakan media Stop Motion.Dan tujuan yang ketiga mengetahui efektivitas media Stop Motion terhadap hasil pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tulis. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest Posttest Design yaitu ekperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling untuk menetukan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis. Tes awal (pretes) = 59 tergolong kurang baik. Standar Deviasi = 9,01 dan Standar Error = 1,67.Tes akhir (postes) = 68,6 tergolong baik. Standar Deviasi = 10,3 dan Standar Error = 1,92. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,78, selanjutnya dikonsultasikan pada tabel t dengan pada taraf signifikan 5% dengan df= (n-1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan df 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena to >ttabel 3,78 > 2,04 makahipotesis alternative (ha) diterima. Hal tersebut membuktikan adanya keefektifan yang signifikan keterampilan sesudah menggunakan media Stop Motion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Stop Motion; teks biografi;menceritakan; secara tulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 12:23 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 12:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39099 |