Sitorus, Dimesri (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual yang Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111013 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 2151111013 STATEMENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM 2151111013 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM 2151111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 2151111013 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6. NIM 2151111013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 2151111013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 2151111013 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM 2151111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 2151111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. NIM 2151111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan yang kedua untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan ketiga
untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitianmyang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas atau random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil kemampuna menulis puisis siswa sebelum dan setelah media pembelajaran berbasis audiovisual yang
menggunakan aplikasi adobe premiere. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 58, dengan standar deviasi 8,15. Sedangkan nilai rata-rata setelah
perlakuan (post-test) adalah 81, dengan standar deviasi 10,27. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih
tinggi daripada sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t” dengan hasil thitung= 13,14 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf
signifikan 5%=2,03. Karena uji hipotesis t yang diperoleh lebih besar dari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | audiovisual; aplikasi adobe premiere; dan menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 03:54 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39086 |