Sika, Clara (2019) Korelasi Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Memproduksi Artikel Ilmiah Populer oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111005 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 2153111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM. 2153111005 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 2153111005 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 2153111005 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 2153111005 TABLES_doc.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 2153111005 ILLUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 2153111005 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 2153111005 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 2153111005 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 2153111005 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi kemampuan membaca kritis dengan kemampuan memproduksi artikel ilmiah populer. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2018/2019. Untuk penelitian tersebut, peneliti menggunakan sampel yang terdiri dari seluruh populasi siswa kelas XI yang berjumlah 324 siswa dengan 65 orang siswa sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan penarikan sampel secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut, 1) Kemampuan membaca kritis dengan rata-rata 78,69 yang berada pada rentang nilai 70 – 84 kategori baik, dengan standar deviasi sebesar 9,54. 2) Kemampuan memproduksi artikel ilmiah dengan rata-rata 75,01 dan berada pada rentang 61 – 80 kategori baik, dengan standar
deviasi 13,41. 3) Korelasi kemampuan membaca kritis dengan kemampuan memproduksi artikel ilmiah populer yang memperoleh nilai r sebesar 0,94 kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji normalitas, memperoleh: 1) Kemampuan membaca kritis dengan Lhitung = 0,105 dan Ltabel = 0,109. Karena Lhitung < Ltabel (0,105 < 0,109), maka disimpulkan bahwa data kemampuan membaca kritis berdistribusi normal. 2) Kemampuan memproduksi artikel ilmiah populer dengan Lhitung = 0,086 dan Ltabel = 0,109. Karena Lhitung < Ltabel (0,086 < 0,109), maka disimpulkan bahwa data kemampuan memproduksi artikel ilmiah
populer berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji linearitas, diperoleh signifikansi F = 1,00092E-73 pada taraf signifikansi 5%. Karena signifikansi F < 5%, maka disimpulkan bahwa variabel x dan y beregresi linear. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan df = 64 pada taraf nyata α = 5% diperoleh thitung = 5,58 dan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan memproduksi artikel ilmiah populer oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Membaca kritis; artikel ilmiah populer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 03:48 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39084 |