Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Pendekatan Saintifik Bermodel Branstorming Terhadap Siswa Kelas XI SMK Swasta Gusti Wijaya Tahun Pembelajaran 2018/2019

Ansyah, Ardi (2019) Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Pendekatan Saintifik Bermodel Branstorming Terhadap Siswa Kelas XI SMK Swasta Gusti Wijaya Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2141111004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2141111004 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2141111004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2141111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2141111004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2141111004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2141111004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2141111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2141111004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2141111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2141111004 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2141111004 TABLE.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2141111004 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2141111004 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2141111004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2141111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2141111004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2141111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 2141111004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 2141111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, kurangnya pemahaman siswa dalam menulis teks prosedur, kurangnya minat siswa dalam menulis, guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pendekatan saintifik dengan model Brainstorming terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Gusti Wijaya tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 100 siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (quasi experiment). Instrumen yang digunakan adalah tes. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 60,25, standar deviasi 9,95 dan teramasuk kategori sangat baik 1%, kategori baik 15%, kategori cukup 50%, kategori kurang 30%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 68,25, standar deviasi 12,68, dengan kategori sangat baik 15%, kategori baik 35%, kategori cukup 40%, kategori kurang 10%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,16. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengang df=N-1=19 dari df 20 diperoleh taraf 1,725, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan atas penggunaan model Brainstorming terhadap kemampuan menulis teks prosedur dengan pendekatan saintifik bermodel branstorming terhadap siswa kelas XI SMK Swasta Gusti Wijaya tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Brainstorming; menulis; teks prosedur
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2020 03:23
Last Modified: 08 Apr 2020 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39072

Actions (login required)

View Item
View Item