Muriadi (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SMP SWASTA AWAL KARYA PEMBANGUNAN KABUPATEN DELI SERDANG T.P. 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106182011 Judul.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. 8106182011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3. 8106182011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. 8106182011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 8106182011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. 8106182011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. 8106182011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. 8106182011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. 8106182011 Bab I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
10. 106182011 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11. 8106182011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran quantum teaching dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dengan sikap belajar rendah, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar kemampuan membaca siswa.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Awal Karya Pembangunan Tumpatan Kabupaten Deli Serdang T.P. 2012/2013 sebanyak 96 orang siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dan 30 siswa sebagai kelompok yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.Instrumen penelitian dengan menggunakan tes sikap belajar siswa dan tes hasil belajar kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kemampuan membaca siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (rata-rata hasil belajar menggunakan quantum teaching = 77,88 > rata-rata hasil belajar menggunakan strategi ekspositori = 74,50) (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dan rendah (rata-rata hasil belajar dengan sikap belajar tinggi = 78,32> rata-rata hasil belajar dengan sikap belajar rendah = 73,89), (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar kemampuan membaca siswa (Fhitung = 4,37 > Ftabel = 3,980).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Mur p |
Keywords: | Sikap belajar; Quantum teaching; Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 22:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3905 |