Nasution, Rini Sartika (2020) Pengembangan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Peserta Didik Kelas XI SMA UISU Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191011 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8176191011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 8176191011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8176191011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 8176191011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 8176191011 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8176191011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8176191011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8176191011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 8176191011 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 8176191011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasari dari fenomena masih banyaknya peserta didik yang kesulitan menulis cerpen dan pentingnya berinovasi dalam penggunaan model pembelajaran dalam upaya meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
(1) Mendeskripsikan proses pengembangan model sinektik dalam pemebelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA UISU Medan (2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan model sinektik dalam pemebelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA UISU Medan (3) Mengetahui efektivitas pengembangan model sinektik dalam pemebelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA UISU Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, pendidik bahasa Indonesia, dan peserta didik kelas XI SMA UISU Medan. Hasil validasi menunjukkan persentasi rata-rata 92,12 % untuk materi pembelajaran dan persentasi rata-rata 95,13 untuk desain pembelajaran dengan kriteria sangat baik. Keefektifan produk diperoleh dari angket motivasi belajar pada coba uji terbatas dan diperluas. Uji coba terbatas menunjukkan persentasi rata-rata sebesar 93,45 % dengan kriteria sangat baik dan uji coba diperluas sebesar 95,12 % dengan kriteria sangat baik. Data juga didukung dengan hasil pengamatan aktivitas peserta didik serta peningkatan nilai pretest dari 64,83 ke posttest dengan nilai rata-rata 80,47. Hal ini membuktikan bahwa model sinektik yang dikembangkan untuk pembelajaran menulis cerpen layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813 Nas p |
Keywords: | menulis cerpen; model sinektik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 09:37 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39002 |