Prawansa, Fika Indah Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX MTs Aisyiyah. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176171009 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8176171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
3. NIM 8176171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 8176171009 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 8176171009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 8176171009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 8176171009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM 8176171009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8176171009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. NIM 8176171009 BLOBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah mengimplementasikan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra yang dikembangkan; (3) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah penerapan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra yang dikembangkan di kelas IX MTs Aisyiyah. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan tes kemampuan komunikasi matematis (KKM). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata 81,82 dan meningkat pada uji coba II menjadi 94,12; 3) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan pendekatan SAVI berbantuan Geogebra pada uji coba I diperoleh nilai rata-rata 85,97 dan meningkat pada uji coba II menjadi 86,20.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.907 1 Pra p |
Keywords: | penelitian pengembangan; Kemampuan Komunikasi Matematis; Motivasi Belajar Siswa; model 4-D; Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Discovery Learning; pendekatan SAVI; Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 08:56 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38987 |