Kesumawati, Diah (2020) Pengaruh Lembar Kerja Berbasis Inkuiri Kontekstual pada Materi Mikrobiologi Air Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166174005 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 8166174005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
3. NIM. 8166174005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8166174005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8166174005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8166174005 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8166174005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166174005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 8166174005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 8166174005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8166174005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja inkuiri kontekstual terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada materi mikrobiologi air. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain pretes-postes. Populasi terdiri dari 6 kelas dan sampel diambil 3 kelas yang ditentukan secara random sampling yaitu Kelas reguler (A) 40 mahasiswa (penerapan lembar kerja inquiri kontekstual), kelas ekstensi (A) 25 mahasiswa (penerapan lembar kerja PBMP), kelas ekstensi (B) 22 mahasiswa (penerapan lembar kerja konvensional). Teknik analisis dengan metode Anacova menggunakan SPSS 23.00 for windows.Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk uraian dan angket . Hasil analisis data diperoleh lembar kerja inkuiri kontekstual lebih baik dari lembar kerja PBMP kontekstual dan konvensional : (1) Keterampilan proses sains memiliki nilai (Mean = 85,70) dengan signifikansi 0,016 < 0,05; (2) Kemampuan sikap ilmiah memiliki nilai (mean= 83,48) dengan signifikansi 0,002 < 0,05; (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki nilai (mean= 86,93) dengan signifikansi 0,034 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Kes p |
Keywords: | Lembar Kerja; Inkuiri Kontekstual; Mikrobiologi; Keterampilan Proses Sains; Sikap Ilmiah; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 04:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38983 |