Siallagan, Andrew Ryan Hasudungan (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI TK KARYA DARMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176121001 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 8176121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 8176121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 8176121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8176121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8176121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. NIM. 8176121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8176121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 8176121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM. 8176121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8176121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkmedia pembelajaran berbasis visual yang layak digunakan, mudah di pelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian pengembangan model pengembangan produk Borg dan Gall model desain pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi kualifikasi sangat baik ( 93,13%), (2) uji ahli desain pembelajaran kualifikasi sangat layak ( 93,13 %), (3) uji ahli
media pembelajaran kualifikasi sangat layak (93,75 %), (4) uji coba perorangan
kualifikasi sangat layak (95,16%), (5) uji coba kelompok kecil kualifikasi sangat
layak ( 96,01 %) , dan (6) uji coba lapangan terbatas kualifikasi sangat layak (96,12%), dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Anak
Usia Dini. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar anak usia dini yang diajarkan dengan menggunakan
media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga dengan hasil belajar anak usia dini yang diajarkan tanpa menggunakan media belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 4,782 > ttabel = 1,679, dengan dk = 9 pada taraf signifikansi α = 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga sebesar 82,3% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media belajar 80,8
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Sia p |
Keywords: | media belajar; permainan ular tangga; hasil belajar anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:58 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38968 |