Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek

Syahputra, Bambang Panca (2019) Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 125-128. ISSN 978-623-92504-4-7

[thumbnail of 22. Fulltext.pdf]
Preview
Text
22. Fulltext.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian berlokasi di FKIP
UMSU Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester VII-D tahun
akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif untuk mendapatkan data. Pada
tes siklus pertama skor rata-rata adalah 74,4 dan pada tes siklus kedua skor rata-rata adalah 87,4. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase kemampuan menulis siswa dalam tes kompetensi pada siklus pertama 60% (21 siswa) dari jumlah siswa yang memperoleh skor 75. Pada siklus kedua ada 35 siswa mencapai nilai lebih dari 75 dengan persentase 100% yang berarti semua siswa berhasil melebihi standar skor minimum..Ini berarti bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek berhasil.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:22
Last Modified: 16 Mar 2020 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38961

Actions (login required)

View Item
View Item