Syahputra, Bambang Panca (2019) Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 125-128. ISSN 978-623-92504-4-7
22. Fulltext.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian berlokasi di FKIP
UMSU Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester VII-D tahun
akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif untuk mendapatkan data. Pada
tes siklus pertama skor rata-rata adalah 74,4 dan pada tes siklus kedua skor rata-rata adalah 87,4. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase kemampuan menulis siswa dalam tes kompetensi pada siklus pertama 60% (21 siswa) dari jumlah siswa yang memperoleh skor 75. Pada siklus kedua ada 35 siswa mencapai nilai lebih dari 75 dengan persentase 100% yang berarti semua siswa berhasil melebihi standar skor minimum..Ini berarti bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek berhasil.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:22 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38961 |