Aisyah (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Blended Learning pada Materi Pokok Rangkaian Listrik Searah di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176175001 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 8176175001 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM 8176175001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 8176175001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM 8176175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 8176175001 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 8176175001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 8176175001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176175001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM 8176175001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14 NIM 8176175001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai lanskep kehidupan menjadi semakin canggih dan berinovasi khususnya di bidang pendidikan. Teknologi Augmented Reality untuk Blended Learning telah mengubah pembelajaran yang konvensional menjadi lebih modern, aktif, efektif, dan meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, keefektifan dan interaksi media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk Blended Learning sebagai media yang dikembangkan dengan desain ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah semua siswa sekolah menengah. Subjek penelitian ini adalah subjek validitas dan subjek implementasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis media Augmented Reality untuk Blended Learning pada kategori sangat valid dengan rata-rata 89,32%, sangat praktis dengan rata-rata 87,53%, sangat efektif dengan rata-rata 85,95% dan interaksi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada kategori tuntas dengan rata-rata 83,56% serta N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,75. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ais p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Augmented Reality; Blended Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 10:23 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 10:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38949 |