Nursanti, Delita (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 016396 PERKEBUNAN SIPARE-PARE KABUPATEN BATUBARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING THINK PAIR SHARE. Masters thesis, UNIMED.
1. 809182024 Judul.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 809182024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. 809182024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 809182024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 809182024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. 809182024 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. 809182024 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. 809182024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 809182024 Bab I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
10. 809182024 Bab V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
11. 809182024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu alternatif untuk pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga diharapkan kemampuan menulis pantun dan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri No. 016396 Perkebunan Sipare-Pare Kabupaten Batubara, dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam mempelajari materi “menulis pantun” melalui model pembelajaran kooperatif TPS.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri No. 016396 Perkebunan Sipare-Pare Kabupaten Batubara dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan menulis pantun berupa isian, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan kemampuan menulis pantun dan aktivitas siswa diolah dengan menggunakan program Ms. Excel.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun. Hal ini diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata 71,9 pada siklus I menjadi 81,1 pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh nilai 65 (kategori cukup) adalah 16 orang siswa dari 24 orang siswa yang mengikuti tes, atau tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 66,67% pada siklus I, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang memperoleh kategori minimal cukup (minimal nilai 65,0) adalah 21 orang siswa dari 24 siswa yang mengikuti tes atau tingkat kemampuan menulis pantun siswa adalah 87,5%. Dari sembilan aspek penilaian untuk aktivitas siswa terdapat 4 (empat) aspek atau 44,44% tidak memenuhi indikator keberhasilan dan 5 (lima) aspek atau 55,56% telah memenuhi indikator keberhasilan pada siklus I. Pada siklus II kesembilan aspek penilaian untuk aktivitas siswa telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Adapun saran adalah dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif TPS, hendaknya guru maupun peneliti melibatkan semua siswa berinteraksi secara positif, diawali dari mengeksplorasi, kemudian mempresentasikan dan mengkomunikasikan kepada seluruh anggota kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pantun; Pembelajaran kooperatif; Think pair share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3894 |