Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Swasta KasihIbu Patumbak

Yunita (2020) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Swasta KasihIbu Patumbak. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146181055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146181055 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146181055 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 8146181055 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146181055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146181055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8146181055 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8146181055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146181055 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8146181055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8146181055 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8146181055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146181055 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8146181055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146181055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 8146181055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8146181055 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8146181055 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146181055 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8146181055 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8146181055 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8146181055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukancenderungberpusatpada
gurumengakibatkan hasil belajarsiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil
belajar; (2) perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi
belajar rendah; dan (3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa, IVb, IVc,di SD
Swasta Kasih Ibu Patumbak dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas
IVa sebanyak 35 siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dan untuk kelas IVb sebanyak 35 yang diajar dengan pembelajaran
konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata Hasil belajar
siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperati ftipe jigsaw sebesar 28.40 dan
siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional sebesar 24.14; dengan
demikian hasil belaja rsiswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran
Konvensional; (2) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi memperoleh
nilai rata-rata = 30.74, sedangkan hasil belaja rsiswa motivasi belaja rrendah
memperoleh nilai rata-rata = 22.72. Dengan demikian dapat disimpulka nbahwa
ada perbedaan hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar tinggi dengan hasil
belajar siswa memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) Hasil belajar siswa yang
diaja rdengan Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yakni kelompok motivasi
belajar tinggi (32.94), dan kelompok motivasi belajar rendah (24.58), lebih besar
jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran konvensional
yaitu kelompok motivasi belajar tinggi (28.40),dan kelompok motivasi belajar
rendah (20.95).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.2 Yun p
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Konvensional; Motivasi Belajar, dan hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:16
Last Modified: 13 Mar 2020 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38938

Actions (login required)

View Item
View Item