Yunita (2020) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Swasta KasihIbu Patumbak. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146181055 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8146181055 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. 8146181055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 8146181055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. 8146181055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. 8146181055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. 8146181055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. 8146181055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. 8146181055 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. 8146181055 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. 8146181055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukancenderungberpusatpada
gurumengakibatkan hasil belajarsiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil
belajar; (2) perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi
belajar rendah; dan (3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa, IVb, IVc,di SD
Swasta Kasih Ibu Patumbak dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas
IVa sebanyak 35 siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dan untuk kelas IVb sebanyak 35 yang diajar dengan pembelajaran
konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata Hasil belajar
siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperati ftipe jigsaw sebesar 28.40 dan
siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional sebesar 24.14; dengan
demikian hasil belaja rsiswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran
Konvensional; (2) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi memperoleh
nilai rata-rata = 30.74, sedangkan hasil belaja rsiswa motivasi belaja rrendah
memperoleh nilai rata-rata = 22.72. Dengan demikian dapat disimpulka nbahwa
ada perbedaan hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar tinggi dengan hasil
belajar siswa memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) Hasil belajar siswa yang
diaja rdengan Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yakni kelompok motivasi
belajar tinggi (32.94), dan kelompok motivasi belajar rendah (24.58), lebih besar
jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran konvensional
yaitu kelompok motivasi belajar tinggi (28.40),dan kelompok motivasi belajar
rendah (20.95).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Yun p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Konvensional; Motivasi Belajar, dan hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 08:16 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38938 |