Lubis, Renni Ramadhani (2020) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Sejarah Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Stabat. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182042 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8166182042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 8166182042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8166182042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8166182042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 8166182042 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8166182042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8166182042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 8166182042 BAB CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 8166182042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Teks eksposisi sangat membutuhkan perhatian karena merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia yang tergolong sulit untuk dipelajari siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-kecamatan Stabat. Pembelajaran teks secara mendalam tidak dapat dipisahkan dengan sejarah lokal yang melatarbelakangi dan tujuan sosial yang mendasari. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar teks eksposisi berbasis sejarah lokal di kelas VIII SMP Negeri Se-kecamatan Stabat. Instrumen yang digunakan yaitu angket validator, angket respon siswa, pedoman wawancara, tes hasil belajar, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar Teks Eksposisi berbasis sejarah lokal sangat layak untuk digunakan siswa kelas VIII pada mata pelajaran bahasa Indonesia; dan (2) bahan ajar Teks Eksposisi berbasis sejarah lokal sangat efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP karena hasil akhir uji coba lapangan tahap kedua diperoleh sebanyak 44 dari 48 orang siswa mempunyai kriteria tuntas belajar dan terjadi peningkatan N-Gain berkategori tinggi. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap produk yang dikembangkan dengan perolehan persentase sebesar 89,58% dan tujuan pembelajaran tercapai karena persentase respon melebih 80%. Ditemukan juga bahwa waktu belajar yang digunakan pada saat uji coba (10 x 40 menit) lebih sedikit dari waktu pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar teks eksposisi (12 x 40 menit).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Lub p |
Keywords: | bahan ajar; teks eksposisi; sejarah lokal; bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 11:19 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 11:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38920 |