Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Sejarah Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Stabat

Lubis, Renni Ramadhani (2020) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Sejarah Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Stabat. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166182042 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166182042 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166182042 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166182042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166182042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166182042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166182042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166182042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166182042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166182042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166182042 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166182042 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166182042 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166182042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166182042 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166182042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166182042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166182042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166182042 BAB CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166182042 BAB CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166182042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166182042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Teks eksposisi sangat membutuhkan perhatian karena merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia yang tergolong sulit untuk dipelajari siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-kecamatan Stabat. Pembelajaran teks secara mendalam tidak dapat dipisahkan dengan sejarah lokal yang melatarbelakangi dan tujuan sosial yang mendasari. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar teks eksposisi berbasis sejarah lokal di kelas VIII SMP Negeri Se-kecamatan Stabat. Instrumen yang digunakan yaitu angket validator, angket respon siswa, pedoman wawancara, tes hasil belajar, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar Teks Eksposisi berbasis sejarah lokal sangat layak untuk digunakan siswa kelas VIII pada mata pelajaran bahasa Indonesia; dan (2) bahan ajar Teks Eksposisi berbasis sejarah lokal sangat efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP karena hasil akhir uji coba lapangan tahap kedua diperoleh sebanyak 44 dari 48 orang siswa mempunyai kriteria tuntas belajar dan terjadi peningkatan N-Gain berkategori tinggi. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap produk yang dikembangkan dengan perolehan persentase sebesar 89,58% dan tujuan pembelajaran tercapai karena persentase respon melebih 80%. Ditemukan juga bahwa waktu belajar yang digunakan pada saat uji coba (10 x 40 menit) lebih sedikit dari waktu pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar teks eksposisi (12 x 40 menit).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Lub p
Keywords: bahan ajar; teks eksposisi; sejarah lokal; bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 11:19
Last Modified: 12 Mar 2020 11:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38920

Actions (login required)

View Item
View Item