Suwarti (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS materi kebencanaan kelas IV SDN. 024183 Binjai Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182043 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8156182043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM 8156182043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 8156182043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM 8156182043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 8156182043 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8156182043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 8156182043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 8156182043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. NIM 8156182043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 8156182043 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pembelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) menghasilkan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan model 4-D (Four D Models), Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi empat tahapan, yakni: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Subyek uji coba terdiri dari satu ahli media, satu ahli materi dan 30 siswa kelas IV di SDN. 024183. Hasil pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS materi Kebencanaan menunjukkan (1) hasil validasi ahli materi secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak (82,30%); (2) hasil validasi ahli media berada pada kualifikasi layak (78%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif nilainya 97 lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional nilainya 83.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Suw p |
Keywords: | multimedia interaktif; pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:06 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38911 |