Lindasari, Eva (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Teks Ulasan Film Untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjungmorawa. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8176192010 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 NIM 8176192010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3 NIM 8176192010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4 NIM 8176192010 FREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5 NIM 8176192010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6 NIM 8176192010 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM 8176192010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 8176192010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 8176192010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
13 NIM 8176192010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
14 NIM 8176192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran teks ulasan film untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjung morawa. (2) Proses Pengembangan Multimedia Interaktif menggunakan prosedur pengembangan menurut Sugiyono yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (3) Hasil validasi ahli materi terhadap kelayakan isi memperoleh rata-rata 90,7% dengan kriteria “Sangat Baik” aspek kelayakan bahasa memperoleh rata-rata 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Untuk penilaian hasil validasi oleh Validator film diperoleh rata-rata 93,1% dengan kriteria “Sangat Baik” dan untuk penilaian hasil validasi multimedia interaktif oleh ahli media diperoleh rata-rata 84,7% dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba produk dilakukan dalam dua tahap: uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba kelompok kecil memperoleh persentasi rata-rata 86,6 dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba lapangan terbatas memperoleh persentasi rata-rata 88,4 dengan kriteria “Sangat Baik”. (4) Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 44 dan pada posttest 77. Sementara hasil pretest siswa aspek keterampilan menulis teks ulasan dengan nilai rata-rata sebesar 70,37 dan hasil posttest siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80 Hal ini membuktikan bahwa multimedia interaktif layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjungmorawa. Penelitian ini berimplikasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu multimedia interaktif yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, produk berupa multimedia interaktif ini dapat menjadi media tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi teks ulasan film yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks ulasan film sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Lin p |
Keywords: | multimedia; interaktif; teks ulasan; pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 07:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38902 |