Lumban-gaol, Rumiris (2012) PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERUBAHANNYA DI SEKOLAH DASAR PERGURUAN TAMANSISWA JL. AMPLAS NO 17 MEDAN, SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106181017 Judul.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. 8106181017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106181017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. 8106181017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. 8106181017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. 8106181017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. 8106181017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. 8106181017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. 8106181017 Bab I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
10. 8106181017 Bab V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
11. 8106181017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada munculnya program pemerintah mengenai pendidikan karakter di dunia pendidikan tahun 2010. Padahal jauh sebelumnya, pendidikan karakter sudah diterapkan oleh salah satu perguruan pendidikan yaitu perguruan Tamansiswa yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara tahun 1922 di Yogyakarta. Hingga saat ini perguruan Tamansiswa memiliki + 198 cabang di Indonesia termasuk di Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, model pendidikan karakter, dan untuk mengungkapkan perubahan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar Perguruan Tamansiswa Medan yang didirikan tahun 1933. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi dokumen (study document) dan penelitian lapangan (field research). Langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah dengan mengumpulkan dan menelaah data-data yang diperoleh dari buku-buku, arsip-arsip dan data-data yang diperoleh dari internet yang berkaitan dengan ” Pendidikan Karakter dan Perubahannya di sekolah dasar Perguruan Tamansiswa Medan”. Penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan teknik observasi terhadap sekolah dasar Perguruan Tamansiswa Medan. Selanjutnya data diperoleh melalui wawancara kepada ketua bagian Perguruan Tamansiswa Medan yaitu Ki. Sutarno, S.Pd, dan Sumaryanto sebagai guru staf pengajar selama 33 tahun, orang tua siswa dan masyarakat.Data dikumpulkan serta dianalisis. Ada 6 konsep dasar Perguruan Tamansiswa, yaitu 1) konsep dasar kepribadian, 2) konsep dasar kemasyarakatan, 3) konsep dasar kebangsaan, 4) konsep dasar kebudayaan, 5) konsep dasar perekonomian, 6) konsep dasar pendidikan. Konsep pendidikannya adalah tripusat pendidikan dan sistem among. Tripusat Pendidikan dalam konsep pendidikan Perguruan Tamansiswa mengakui adanya 3 pusat pendidikan, yaitu:1) Pendidikan di lingkungan keluarga, 2) Pendidikan di lingkungan sekolah, 3) Pendidikan di lingkungan kemasyarakatan. Tripusat Pendidikan ini besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter seseorang. Sistem pendidikannya adalah sistem yang berjiwa kekeluargaan dan bersendikan kodrat alam dan kemerdekaan. Nilai-nilai pendidikan karakter oleh pusat kurikulum (Puskur) yaitu 1) religuitas,2) jujur,3) toleransi, 4)displin, 5) kerja keras, 6)kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semangat kebangsaan, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat/komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, 18) tanggung jawab. Konsep pendidikan Perguruan Tamansiswa Medan relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dari Puskur, dan diterapkan dengan baik. Perguruan Tamansiswa Medan sudah berdiri hampir 80 tahun. Seiring dengan perjalanan waktu, sejak tahun 1980-an ada perubahan sistem pendidikan dan kendala dalam menerapkan pendidikan karakter tersebut. Perubahan dari berbagai aspek yaitu guru tidak lagi bersumber dari perguruan Tamansiswa Yogyakarta, jumlah siswa setiap tahun semakin berkurang, dan dilihat secara fisik dan mata pelajaran, sekolah Tamansiswa seperti sekolah keagamaan, bahkan kemajuan teknologi dalam mempengaruhi budaya Indonesia juga saat ini merupakan kendala bagi perguruan Tamansiswa dalam menerapkan pendidikan karakter karena berkurangnya jiwa sosial siswa. Perubahan tersebut menimbulkan perubahan nilai karakter, yaitu perubahan nilai pendidikan karakter kemandirian dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.1 Lum p |
Keywords: | Kebijakan pemerintah; Model pendidikan; Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 May 2016 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3889 |