Hutabarat, Cyauni R. and Basyaruddin (2018) Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 23 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 289-300. ISSN 978-602-53253-9-7
44. Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita melalui penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 23 Medan terdiri dari 36 siswa (10 laki-laki dan 26 perempuan). Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes unjuk kerja menulis teks berita dan teknik nontes berupa observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi komparatif dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai awal dan hasil yang dicapai dengan target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita mengalami peningkatan. Siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 75 ke atas pada kondisi awal 61,11%, setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 72,22%, dan pada pelaksanaan tindakan siklus II menjadi 88,89%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 03:41 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38860 |