Ningsih, Siska Rahayu (2013) PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA POKOK BAHASAN ASAM-BASA DAN GARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142034 Judul.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. 8106142034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
3. 8106142034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 8106142034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 8106142034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 8106142034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8106142034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8106142034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8106142034 Bab I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
10. 8106142034 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
11. 8106142034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi secara signifikan daripada model pembelajaran langsung. (2) Apakah kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terpimpin lebih tinggi secara signifikan daripada kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. (3) Apakah terdapat korelasi antara kreativitas dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terpimpin. (4) Apakah terdapat korelasi antara kreativitas dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs se-wilayah Teluk Aru di Kabupaten Langkat.Untuk sampel diambil sebanyak dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2.Jumlah siswa pada masing-masing kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 adalah 100 siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji-T satu pihak melalui program SPSS. Untuk uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov. Hasil uji reliabilitas terhadap hasil belajar menggunakan Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0,8021 ternyata lebih besar dari r tabel = 0,361, berarti data hasil belajar yang diuji adalah reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. (2) Kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terpimpin lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. (3) Terdapat korelasi antara kreativitas dan hasil belajar IPA Terpadu siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terpimpin. (4) Terdapat korelasi kreativitas dan hasil belajar IPA Terpadu siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 Nin p |
Keywords: | Kimia; Asam basa garam; Kreativitas; Pembelajaran inkuiri terpimpin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 May 2016 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3884 |