Manalu, Lita Sandora and Arif, Syamsul (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran STAD bagi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 215-222. ISSN 978-602-53253-9-7
33. Fulltext.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 14 Medan semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 14 Medan semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pembelajaran STAD adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pada siklus I kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa berjumlah 8 orang atau 33,3% siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I hanya sekitar 60,33 dan termasuk kategori cukup. Pada siklus II peneliti memvariasi metode pembelajaran STAD dengan penayangan video dan pemberian lembar kerja sebagai kerangka penulisan surat lamaran pekerjaan. Dengan bantuan lembar kerja kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan semakin meningkat dengan nilai rata-rata yaitu 86,83 dan termasuk kategori sangat baik. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 26,5 dari rata-rata siklus I. Pada siklus I, siswa tidak bersemangat dan kelihatan kebingungan karena belum begitu paham dengan metode pembelajaran STAD yang rumit, sedangkan pada siklus II siswa bersikap positif dengan lebih bersemangat ketika menulis surat lamaran pekerjaan. Dari lembar obeservasi siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 02:57 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38822 |