Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar

Maretta, Desy and Basyaruddin (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 201-207. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 31. Fulltext.pdf]
Preview
Text
31. Fulltext.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penggunaan media gambar. Objek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 23 Medan kelas VII D yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap-tahap perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I kemampuan menulis teks deskripsi siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 71,8 dengan perolehan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Ketuntasan belajar secara klasikal kelas hanya mencapai 53,1%. Pada siklus II kemampuan menulis teks deskripsi siswa menuingkat dengan nilai rata-rata 80,6 dan perolehan nilai tertinggi 90 sedangkan perolehan nilai terendah adalah 60. Ketuntasan belajar klasikal kelas pada siklus II ini mencapai 87,5%. Jadi penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:52
Last Modified: 09 Mar 2020 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38820

Actions (login required)

View Item
View Item