Maretta, Desy and Basyaruddin (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 201-207. ISSN 978-602-53253-9-7
31. Fulltext.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penggunaan media gambar. Objek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 23 Medan kelas VII D yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap-tahap perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I kemampuan menulis teks deskripsi siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 71,8 dengan perolehan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Ketuntasan belajar secara klasikal kelas hanya mencapai 53,1%. Pada siklus II kemampuan menulis teks deskripsi siswa menuingkat dengan nilai rata-rata 80,6 dan perolehan nilai tertinggi 90 sedangkan perolehan nilai terendah adalah 60. Ketuntasan belajar klasikal kelas pada siklus II ini mencapai 87,5%. Jadi penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 02:52 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38820 |