Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sinambela, Bintang Togina Suryani and Hadi, Wisman (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 167-173. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 26. Fulltext.pdf]
Preview
Text
26. Fulltext.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk esai. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 387 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 33 siswa, yaitu siswa kelas XI MIA-5. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) berlangsungnya proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan; 2) informan, yaitu Ibu Natalia Simarmata, S. Pd. dan beberapa siswa kelas XI MIA-5; dan 3) dokumen yang meliputi cacatan hasil observasi selama proses pembelajaran, hasil tes siswa, daftar nilai, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), cacatan hasil wawancara, dan foto kegiatan. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, keterampilan menulis siswa pada prasiklus, yaitu yaitu 30,3% dengan nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 35 dalam kategori kurang. Pada siklus I meningkat menjadi 72,7% dengan nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 57 dalam kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,8% dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 65 dalam kategori baik. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:37
Last Modified: 09 Mar 2020 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38814

Actions (login required)

View Item
View Item