Haryadi, Agus (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA WEB TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF PADA MAKANAN DI SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142002 Judul.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. 8106142002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. 8106142002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. 8106142002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 8106142002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
6. 8106142002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. 8106142002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
8. 8106142002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. 8106142002 Bab I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
10. 8106142002 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11.8106142002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media web dengan pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan zat aditif pada makanan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMP Islam An-Nizam Medan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 74 orang siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen pertama adalah 37 orang siswa yang dibelajarkan menggunakan media web dengan pembelajaran berbasis masalah yang selanjutnya disebut dengan kelompok PBL + Web. Kemudian kelompok eksperimen kedua adalah 37 orang siswa yang dibelajarkan tanpa media web dengan pembelajaran berbasis masalah yang selanjutnya disebut dengan kelompok PBL. Kedua kelompok sampel diberikan soal pretest dan setelah pembelajaran diberikan postes serta data motivasi diperoleh melalui penyebaran angket. Data hasil belajar kedua kelompok kemudian dinyatakan dalam bentuk skor gain ternormalisasi. Data diolah dengan SPSS 17 dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok PBL + Web (rerata = 0,66 ; SD = 0,10) dan kelompok PBL (rerata = 0,57 ; SD = 0,11) dimana diperoleh nilai probabilitas signifikan (p) = 0,001 pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Demikian juga untuk pengujian motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai probabilitas signifikan (p) = 0,000 pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Hasil berikutnya yang diperoleh adalah bahwa tidak terdapat interaksi media web dan motivasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dimana diperoleh nilai probabilitas signifikan (p) = 0,160 pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Hasil uji GLM Univariate menunjukkan bahwa siswa PBL + Web kategori motivasi tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dengan nilai 0,73 dan kategori motivasi sedang dengan nilai 0,60 serta kategori motivasi rendah dengan nilai 0,61. Ranah kognitif yang lebih dikuasai oleh siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media web adalah C2> C1> C3 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Har p |
Keywords: | Kimia; Makanan; Media web; Zat aditif; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 May 2016 00:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3881 |