PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Sudiran (2012) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106176024 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106176024 Judul.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106176024 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106176024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106176024 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106176024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106176024 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106176024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106176024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106176024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106176024 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106176024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106176024 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106176024 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106176024 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 8106176024 Bab I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106176024 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 8106176024 Bab V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106176024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 8106176024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah Fisika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu berjumlah 38 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, mengobservasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu. Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu dalam proses pembelajaran Fisika. Tingkatan soal berpikir kritis yang dapat diselesaikan pada siklus pertama mencakup ranah C2 (memahami) menurut Anderson, dapat diselesaikan oleh 31 siswa (81,58%), ranah C3 (mengaplikasikan) dapat diselesaikan oleh 15 siswa (39,47%) dan ranah C4 (menganalisis) dapat diselesaikan oleh 11 siswa (28,95%). Pada siklus kedua tingkat soal berpikir kritis yang dapat diselesaikan mencakup ranah C2 (memahami) menurut Anderson, dapat diselesaikan oleh 36 siswa (94,74%), ranah C3 (mengaplikasikan) dapat diselesaikan oleh 30 siswa (78,95%) dan ranah C4 (menganalisis) dapat diselesaikan oleh 23 siswa (60,53%). Dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, maka penguasaan konsep Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu juga mengalami peningkatan. Peningkatan penguasaan konsep Fisika tersebut dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dari 14 siswa (36,84%) pada siklus pertama menjadi 31 siswa (81,58%) pada siklus kedua dengan rata-rata hasil belajar 74,24. N-gain pada siklus pertama sebesar 0,29 termasuk dalam kategori kurang dan N-gain pada siklus kedua sebesar 0,40 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sud p
Keywords: Fisika; Berpikir kritis; Creative problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 May 2016 23:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item
View Item