Sari, Purnama (2018) Pengembangan Media Video Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 89-94. ISSN 978-602-53253-9-7
13. Fulltext.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk keterampilan menulis puisi, maka metode yang digunakan adalah metode research and development dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Storyboard merupakan rancangan yang menggambarkan isi media audiovisual pembelajaran. Di dalam storyboard dijelaskan mengenai beberapa hal, yaitu :1) tampilan, 2) gambar, 3) keterangan tampilan. Storyboard dalam penelitian ini akan dijadikan acuan dalam pembuatan CD pembelajaran. Media audiovisual memudahkan dan mempercepat cara belajar peserta didik dalam berlatih menulis puisi. Hal ini karena pembelajaran menulis puisi menjadi pembelajaran yang tidak membosankan, menarik minat dan memotivasi siswa, dapat mengatasi perbedaan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi merupakan pembelajaran yang bermakna. Peneliti menyarankan agar media audio visual dikembangkan lagi untuk kompetensi dasar yang berbeda pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 02:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38786 |