Pardede, Oktaviandi Bertua and Ariga, Hijrah Purnama Sari (2018) Analisis Faktor-Faktor Kendala Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Dampaknya terhadap Motivasi Meneliti oleh Guru di SMP se-Kecamatan Medan Selayang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 71-77. ISSN 978-602-53253-9-7
10. Fulltext.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala penulisan KTI oleh guru di kecamatan Medan Selayang yang selanjutnya akan diidentifikasi dampak dari faktor-faktor kendala penulisan KTI yang dialami oleh guru tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Guru melalui penelitian yang telah/ pernah disusun oleh Guru, sehingga faktor – faktor kendala penulisan KTI dan dampaknya terhadap motivasi meneliti guru di kecamatan Medan Selayang akan diketahui melalui analisis strategi yang telah diuraikan dalam metodologi penelitian. Adapun sampel penelitian berjumlah 7 SMP yang terdapat di kecamatan Medan Selayang dan diperoleh melalui stratified random sampling. Selanjutnya penentuan sekolah ditentukan secara random. Berdasarkan olahan data yang dilakukan dalam penelitian ini maka diperoleh bahwa kemampuan KTI Guru masih rendah dengan rata-rata hasil tes 44,65. Demikian juga pada instrumen observasi diperoleh tidak terdapat perbedaan yang berarti antara perilaku positif dan negatif Guru dalam menyusun KTI yaitu 53,18% dan 46,82%. Namun pada olahan angket yang digunakan dalam penelitian diperoleh bahwa para Guru memiliki motivasi meneliti dimana melalui analisis SWOT diperoleh kondisi yang sedang dialami oleh sampel penelitian berada pada matriks conservative. Sehingga dengan demikian melalui analisis SWOT dapat diberikan beberapa rekomendasi yaitu: memberikan kesempatan kepada setiap guru dalam mengembangkan kinerjanya sebagai panitia/ penyelenggaraan melalui program berwujud proyek berlatar pendidikan, memelihara kualitas pelayanan oleh stakeholders, meningkatkan motovasi guru bersama dengan tata usaha dalam menyadari kebutuhan pembelajaran yang semakin dinamis, mengembangkan dan meningkatkan penggunaan teknologi di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 05:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38762 |