Kosasih, E. (2018) Pendekatan Berbasis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 11-20. ISSN 978-602-53253-9-7
2. Fulltext.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
Abstract
Pergantian kurikulum (bahasa Indonesia) selalu membawa perubahan pada materi-materinya. Demikian pula pemberlakuan Kurikulum 2013. Kurikulum tersebut memunculkan materi-materi baru yang sebelumnya relatif tidak dikenal. Materi yang dimaksud berupa jenis-jenis teks, seperti anekdot, debat, proposal, esai, cerita fantasi, prosedur, eksplanasi, laporan percobaan, tanggapan, dan cerita inspirasi. Sementara itu, di dalam KTSP hanya dikenal beberapa teks. Beberapa teks tersebut kembali depelajari dalam Kurikulum 2013, seperti deskripsi, berita, puisi, cerpen, dongeng, surat, ulasan, dan pidato; namun dalam aspek pembahasan yang berbeda.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:37 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38748 |