ANALISIS KEMAMPUAN PRASYARAT MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Nasution, Nazaruddin (2013) ANALISIS KEMAMPUAN PRASYARAT MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106175013 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106175013 Judul.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106175013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106175013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106175013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106175013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106175013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106175013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106175013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106175013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106175013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106175013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106175013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106175013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106175013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106175013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106175013 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106175013 Bab I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106175013 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106175013 Bab V.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106175013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106175013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa akibat model PBL dan Model direct interaction., 2 perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika tinggi dan kemampuan prasyarat matematika rendah., 3. apakah ada interaksi antara model PBL dengan kemampuan prasyarat matematika pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Pancabudi Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah Fisika dengan materi pokok momentum dan impuls. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk essay yang telah valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih baik dibanding dengan siswa yang diajarkan dengan model DI. (2) Kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika rendah. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran berbasis dan kemampuan prasyarat matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Nas a
Keywords: Fisika; Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan prasyarat matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 May 2016 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item
View Item