Nasution, Nazaruddin (2013) ANALISIS KEMAMPUAN PRASYARAT MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175013 Judul.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
2. 8106175013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
3. 8106175013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (852kB) | Preview
4. 8106175013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
5. 8106175013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8106175013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
7. 8106175013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
8. 8106175013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. 8106175013 Bab I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
10. 8106175013 Bab V.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
11. 8106175013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa akibat model PBL dan Model direct interaction., 2 perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika tinggi dan kemampuan prasyarat matematika rendah., 3. apakah ada interaksi antara model PBL dengan kemampuan prasyarat matematika pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Pancabudi Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah Fisika dengan materi pokok momentum dan impuls. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk essay yang telah valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih baik dibanding dengan siswa yang diajarkan dengan model DI. (2) Kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang memiliki kemampuan prasyarat matematika rendah. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran berbasis dan kemampuan prasyarat matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Nas a |
Keywords: | Fisika; Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan prasyarat matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3873 |